Sabtu, 08 Agustus 2015

Aneka Resep Camilan Berbahan Dasar Abon

Happy sundaaay abon lovers :)

          Sehat dan bahagia selalu yaaa...apa menu camilan anda untuk weekend kali ini? Weekend adalah hari yan paling ditunggu oleh si buah hati, terutama mereka yang selama 5 - 6 hari berutinitas padat di sekolah. Begitu  juga untuk para orang tua yang rutinitas kerjanya selama 5 hari kerja. Hari kumpulnya keluarga kalo saya bilang sih...betul kan? naahh...biasanya waktu kumpul-kumpul ini, nggak seru kalo nggak ada cemilan buat di makan...hehee...maklum, keluarga kecil saya termasuk penggemar cemilan. Dari keripik,kentang, sampe roti.
Bosan dengan cemilan instan yang dibeli di toko? yuuk, kita buat sendiri cemilan sehat untuk keluarga tercinta. Kali ini saya akan sharing resep aneka cemilan dengan bahan dasar abon lhooo.... So, check this out ya..

 2. Kue Kering Keju Abon
 Kering Keju Abon
Cara membuat Kering Keju Abon, resep kue :
  1. Kocok margarin, gula tepung, dan garam 30 detik. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  3. Giling tipis adonan. Potong 5x3 cm. Beri isi. Gulung. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
  4. Oles kue kering dengan bahan olesan. Tabur keju parut.
  5. Oven 30 menit dengan suhu 150 derajat celsius sampai matang.
untuk 410 gram

Bahan-bahan dan bumbu-bumbu dalam resep kue Kering Keju Abon diatas adalah sebagai berikut :
150 gram margarin
1 sendok makan gula tepung
1/4 sendok teh garam
2 kuning telur
75 gram tepung terigu protein rendah
30 gram tepung maizena
20 gram susu bubuk

Bahan Isi:
50 gram abon ayam

Bahan Olesan (aduk Rata):
1 kuning telur
1 sendok teh susu cair

Bahan Taburan:
25 gram keju parut

Parut keju agak tebal dan panjang agar kue renyah jadinya dan kering bagian dalamnya. Mengoven kue keju ini harus agak rendah suhunya agar matang sempurna.

2.  Pastel Mini Isi Abon

  1. Telur Ayam ukuran sedang besar sebanyak 1 butir.
  2. Air matang secukupnya (kurang lebih 50-75 ml). Hati hati dalam penggunaan air, secukupnya saja sampai adonan kalis.
  3. Tepung Terigu yang mempunyai kadar protein rendah sebanyak 250 gram.
  4. Margarin sebanyak 50 gram.
  5. Garam dapur beryodium sebanyak seperempat sendok teh.
  6. Penyedap rasa jika diperlukan.
  7. Abon Sapi yang mempunyai kualitas bagus sebanyak 110-140 gram untuk isian Kue Pastelnya.

Cara Mudah Membuat Resep Pastel Mini Isi Abon

  1. Ambil satu wadah cukup besar untuk tempat adonan. Masukkan 250 gram Tepung terigu dan seperempat sendok garam. Campur kedua bahan sampai rata.
  2. Pecahkan 1 butir telur ayam. Masukkan dan aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Ambil satu wadah kecil. Panaskan margarin sampai mencair. Masukkan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil di aduk. Ulangi proses sampai semua margarin tercampur dengan adonan.
  4. Masukkan air matang sedikit demi sedikit. Aduk menggunakan tangan sampai adonan Pastel Mini kalis. Hati hati jangan sampai adonan lembek. Tambah tepung sedikit kalau diperlukan.
  5. Kalau teman teman mempunyai gilingan mie, masukkan adonan dan gling sampai tipis. Apabila tidak ada, bisa menggunakan botol kaca ditekan dan digulingkan ke atas adonan sampai tipis.
  6. Cetak adonan Pastel yang sudah digiling berbentuk lingkaran. Teman teman bisa menggunakan cetakan kue atau benda lain yang berbentuk lingkaran untuk mencetaknya.
  7. Ambil abon sapi secukupnya dan taruh di atas adonan tipis diatas. Lipat dua dan beri hiasan di tepi luarnya. Ulangi proses sampai semua adonan habis.
  8. Letakkan adonan di atas loyang atau tempat lain. Jangan lupa sebelumnya ditaburi tepung sedikit supaya tidak lengket dan mudah untuk proses penggorengannya nanti.
  9. Panaskan penggorengan dengan api kecil sedang dan isi dengan minyak agak banyak. Tunggu sampai minyak panas dan masukkan Pastel Mini. Tunggu sebentar sampai warnanya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
3. Roti Gulung Abon   


 
Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan Biang:
300 gram tepung terigu protein tinggi
4 gram ragi instan
25 gram gula pasir
200 ml air es

Bahan:
100 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
5 gram ragi instan
30 gram susu bubuk
65 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air
60 gram margarin
1 sendok teh garam
150 gram abon sapi

Bahan Olesan:
2 sendok makan susu cair

Bahan Isi:
200 ml susu cair
15 gram tepung maizena
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh garam
1 kuning telur

Bahan Taburan:
1/2 sendok makan wijen hitam
1/2 sendok makan wijen putih
3 tangkai kucai, diiris


Cara membuat:
  1. Biang, campur tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 1 jam.
  2. Campur tepung terigu ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir, dan campuran biang. Uleni rata.
  3. Masukkan telur dan air  sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Bagi adonan tiga bagian. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Giling adonan. Letakkan masing-masing adonan di loyang ukuran 26x26x3 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Diamkan 60 menit hingga mengembang.
  5. Oleskan bahan olesan di atas adonan. Taburkan wijen dan kucai. Oven dengan api bawah 190 derajat Celcius 12 menit sampai matang.
  6. Isi, rebus susu cair, maizena, garam, dan merica bubuk sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api. Masukkan kuning telur. Aduk cepat. Nyalakan kembali. Aduk sampai meletup-letup.
  7. Oles roti dengan isi. Tabur di salah satu sisinya dengan sebagian abon. Gulung dan padatkan. Potong-potong 3 cm. Oles kanan dan kirinya dengan sisa adonan isi . Beri taburan abon di kedua sisi yang dioles.
 Naah....gimana abon lovers? makin cinta sama abon kan? tentu saja bahan dasar abon yang dipakai bisa anda beli di Abon ISIS yaa.....bahan alami dengan kualitas prima dan bebas bahan pengawet. Keluarga sehat dengan cemilan cerdas buatan kita sendiri :)

Selamat Mencobaaaa ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar